Rabu, 23 Agustus 2017

pengertian SOP

TANGGAL,23-agustus-2017

PENGERTIAN SOP

assalamualaikum wr.wb

selamat pagi teman-teman bertemu lagi dengan saya,disini saya akan menjelaskan tentang pengertian SOP,baiklah mai kita perhatikan secara bersama.

A.pengertian SOP
standar operasional prosedur(SOP) adalah dokumen yang berkaitan dengan prosedur yang dilakukan secara kronologis untuk menyelesaikan suatu pekerjaan yang tujuan untuk memperoleh hasil kerja yang paling efektif dari pada pekerjaan yang serendah-rendah nya.SOP adalah sistem yang disusun  untuk mempermudahkan ,merapikan,dan menertibkan pekerjaan

pengertian SOP dari berbagai sumber:
-menurut tjipto atmoko (2011)standar operasional prosedur adalah pedoman atau acuan untuk melaksankan tugas pekerjaan  sesuai dengan fungsi dan alat penilaian kinerja instnsi pemerintah berdasaarkan indikator-indikator teknis,adminitratif,dan prosedur sesuai tata kerja,prosedur kerja dan sistem kerja pada unit kerja yang bersangkutan.
-SOP atau standar operasional prosedur adalah dokumen yang berisi serangkaian instruksi tertulis yang dilakukan mengenai berbagai proses penyelenggaraan administrasi perkantoran yang berisi tentng pekerjan atau langkah-langkah dalam pekerjaan.

B.tujuan damfungsi SOP

tujuan adanya SOP adalah untuk menjelaskan berbagai perincian atau standar yan mengenai dengan pekerjaan yang berulang-ulang yang diselenggarakan dalam suatu organisasi.

tujuan SOP yaitu
1.untuk menghindari kegagalan dan kesalahan ,keraguan,duplikasi serta pemborosan dalam poses pekerjaan
2.sebagai dokumen yang digunakan untuk pelatihan
3.untuk menjalankan alur tugas
4.sebagai buku panduan dalam melaksnakan suatu tugas

fungsi SOP yaitu;
1.mengetahui dengan jelas hambatan-hambatanya dan mudah dilacak
2.sebagai pedoman dalam melaksanakan tugas rutin
3.mengarahkan untuk untuk sama-sama disiplin dalam bekerja


C.manfat SOP
-sebagai standarisasi cara yang dilakukan dalam menyelesaikan pekerjaan
-membantu penelusuran terhadap kealahan-kesalahan prosedural dalam memberikan pelayaran.

D.prinsip-prinsip SOP
1.konsisten,SOP harus dilakukan secara konsisten dari waktu kewaktu.
2.komitmen,SOP harus dilakukan secara komitmen dari seluruh jajaran organisasi,dari level rendah hingga tinggi
3.seluruh unsur memiliki peran penting
4.perbaikan berkelanjutan,pelaksanaan SOP harus terbuka terhadap penyempurnaan-penyempurnaan untuk memperoleh prosedur yang bener-bener efisien dan efektif


demikian yang dapat saya sampaikan apabila ada salah kata saya mohon maaf saya akhiri sekian terima kasih

wassalamualaikum wr.wb

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda